Rabu, 10 Juli 2019

Rahasia Dagangan Laris yang Penting Tapi Jarang Disadari



Saat ini sudah banyak orang yang memulai bisnis. Hal ini dikarenakan kemudahan yang sudah ada, mulai dari kemudahan berjualan online hingga gampangnya mengajukan modal usaha. Namun, bagi anda yang ingin memulai bisnis atau memang sedang menjalankan bisnis, anda harus tahu rahasia dagangan laris. Agar bisnis yang anda jalankan dapat berkembang. Ada beberapa rahasia dagangan laris yang mungkin jarang menjadi perhatian para pebisnis. Kami akan berikan infonya sebagai berikut.

Jual di Banyak Platform


Di era serba online, pebisnis juga harus melek dengan kemajuan teknologi. Anda tidak boleh hanya mengandalkan penjualan dari toko fisik (offline). Coba lah untuk berjualan online, dengan memanfaat beberapa platform digital yang tersedia. Mulai dari media sosial seperti Facebook dan Instagram, kemudian pasang juga barang dagangan anda di e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan lainnya.

Semakin anda giat menjual di berbagai platform, maka peluang larisnya dagangan semakin besar. Jangan lupa untuk sesekali memberi diskon pada produk di momen-momen tertentu. Karena memasang barang dagangan di e-commerce biasanya juga disertai promo yang menguntungkan, salah satunya subsidi ongkos kirim. Dengan begitu, pembeli semakin bersemangat untuk memburu barang dagangan anda.

Gunakan Permainan Ilusi Harga Saat Diskon


Apakah anda tahu, ilusi visual harga juga mempengaruhi keinginan calon pembeli untuk benar-benar membeli barang dagangan anda? Ya, tentu anda tak asing dengan pajangan harga berakhiran angka 9. Dengan memajang atau menulis harga dengan akhiran angka 9, akan menimbulkan ilusi harga satu tingkat lebih murah. Karena orang lebih cenderung memperhatikan digit/angka pertama dari sebuah harga produk. Misalnya, harga produk senilai Rp 149 ribu terkesan lebih murah daripada saat anda menuliskan harga Rp 150 ribu. Sebab orang akan melihat angka 1 dan 4 terlebih dulu, sehingga terkesan lebih murah.

Selain itu, gunakan juga metode coret harga. Dimana anda mencoret harga awal produk dan menyandingkannya dengan harga setelah diskon (yang tidak dicoret). Biasanya pembeli akan langsung bersemangat karena mengira besaran diskon tinggi. Padahal, belum tentu. Anda bisa memilih besaran diskon sesuai perhitungan anda.

Baca juga: Cek 5 Tips Dagang di Instagram Dijamin Laris Manis

Selalu Baca Kondisi Pasar dan Pesaing


Sebagai pebisnis, anda harus peka dengan kondisi pasar, tren, dan inovasi atau langkah baru yang mungkin sedang dilakukan oleh pesaing anda. Coba lah untuk selalu update mengenai tren di masyarakat. Sebab ini bisa saja berkaitan dengan hal yang bisa mengembangkan bisnis anda, atau justru tren tersebut yang bisa anda inovasikan menjadi sebuah produk baru.

Contohnya, tren baju bermotif bunga sedang hits di pertengahan tahun ini. Maka coba lah mencari stok baju bermotif itu (jika anda reseller) atau memproduksi sendiri baju bermotif bunga namun dengan model yang sedikit berbeda sebagai ciri khas produk anda. Selain itu, pesaing anda mungkin saja sedang melancarkan strategi penjualan baru. Sehingga anda harus peka dengan itu agar produk anda tak kalah dengan pesaing.

Ramah Pada Pembeli


Jika anda sudah menjalankan trik di atas, jangan lupa untuk memberi pelayanan yang baik pada pembeli. Layani lah pembeli dengan ramah, disertai dengan informasi nomor kontak yang jelas. Sehingga pembeli tak bingung mencari informasi terkait barang maupun perihal pengiriman barang dagangan. Misalnya, anda bisa mencantumkan info bagaimana cara memesan produk, serta nomor atau kontak mana yang bisa dihubungi.

Ada pula beberapa online shop yang memiliki nomor WhatsApp khusus untuk calon pembeli, dan nomor yang berbeda untuk mereka yang sudah memastikan akan membeli produk yang mana (fixed order). Beberapa kontak yang umumnya dipakai para penjual karena cepat dan praktis, yakni WhatsApp, LINE, dan DM Instagram. Untuk toko offline, pastikan anda selalu sopan dan ramah, sekalipun anda sedang menghadapi complain dari pembeli. Pelayanan yang baik akan membuat pelanggan kembali untuk berbelanja.

Selain itu, ada pula beberapa rahasia dagangan laris yang bisa anda baca di artikel berikut:
https://www.cekaja.com/info/ini-rahasia-dagangan-online-bisa-laris-manis/

2 komentar: