Jumat, 05 Juli 2019

Waspada! Tarif Listrik Bakal Naik, Begini Cara Menghematnya


Listik memiliki peran yang sangat penting di dalam kehidupan bermanusia. Hampir seluruh aktivitas yang kita lakukan saat ini membutuhkan aliran listrik sebagai pendukungnya. Memang kehidupan manusia telah sepenuhnya dikelilingi oleh berbagai perangkat teknologi canggih. Namun, sebagian besar teknologi yang ada membutuhkan aliran listrik agar bisa digunakan secara maksimal.

Begitu pentingnya listrik di dalam kehidupan, hampir seluruh masyarakat luas rela mengeluarkan kocek yang tidak sedikit hanya untuk membayar listrik demi memenuhi kebutuhan rumah tangga mereka. Hanya saja sayangnya, sepertinya saat ini pemerintah beserta PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah memberikan pertanda bahwa tarif listrik akan segera dinaikan yang kemungkinan akan mulai berlaku tahun depan. Dalam arti, masyarakat akan membayar tarif listrik dengan nominal yang lebih mahal dibandingkan sebelumnya.

Tentu saja keputusan ini akan membuat sebagian masyarakat menjadi gelisah, karena tentu kita tidak dapat melakukan apapun tanpa kehadiran dari listrik. Maka dari itu, dalam mengantisipasi tingginya tarif listrik yang perlu dibayar, ada baiknya bila anda mulai belajar dan membiasakan diri untuk mengehemat penggunaan listrik, bukan hanya untuk meringankan biaya tarif listrik, namun sekaligus sebagai bentuk peduli kita terhadap lingkungan.

Sebenarnya banyak sekali cara hemat tarif listrik yang bisa anda lakukan. Anda hanya perlu konsisten dalam melakukannya.

Cara Hemat Tarif Listrik

1. Selalu Mematikan Lampu

Jika anda sedang tidak berada di dalam ruangan atau sudah mulai mengantuk dan ingin tidur, matikanlah lampu. Walaupun terlihat sepele dan tidak terlalu penting, lampu yang dalam keadaan menyala akan terus menyedot energi dan tanpa sadar menaikan tarif listrik rumah tangga anda. 

Selain itu ketika siang hari, manfaatkanlah cahaya matahari sebagai penerangan dibandingkan menyalakan lampu. Buka seluruh jendela dan biarkan cahaya matahari menerangi ruangan anda, dan barulah mulai menyalakan lampu ketika hari sudah menjelang gelap atau ketika matahari terbenam.

2. Gunakan AC Seperlunya

Walaupun menggunakan AC sangatlah nyaman, apalagi di siang bolong ketika matahari sangat terik dan panas, namun tetap usahakanlah untuk tidak menyalakan Ac selama satu hari penuh. Gunakanlah Ac seperlunya, seperti ketika menjelang tidur. Namun ketika anda sudah terbangun, segeralah matikan Ac.

3. Perhatikan Penggunaan Penanak Nasi

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia yang notabene tidak bisa makan tanpa nasi, memiliki penanak nasi atau magic jar sangatlah penting dimiliki oleh setiap rumah tangga. Hal tersebut dikarenakan dengan magic jar kita menjadi lebih mudah dalam memasak nasi yang akan dikonsumsi sehari-hari. Nah, tetapi perlu diketahui bahwa mencolokan magic jar selama 24 jam memiliki kontribusi yang sangat besar dalam menaikan tarif listri rumah tangga anda lho.

Jika ingin lebih menghemat, segeralah matikan magic jar setiap nasi matang dan mencolokannya kembali hanya untuk beberapa menit ketika ingin kembali menghangatkan nasinya kembali. Mudah bukan?

Sebenarnya, menghemat listrik bukan hanya bertujuan untuk mengurangi tarif yang harus anda bayar saja, melainkan juga untuk menjaga bumi. Tahukan anda bahwa listrik memiliki kontribusi yang sangat besar terhadap pemanasan global mulai marak terjadi saat ini? Dengan melakukan sedikit aksi seperti selalu mematikan lampu dan Ac ketika sedang tidak dibutuhkan, anda sudah melakukan kontribusi yang berarti dalam menjaga bumi menjadi lebih baik.

Ingin mencari tahu informasi lebih lanjut mengenai cara menghemat listrik? Kunjungi saja https://www.cekaja.com/info/cara-hemat-listrik-rumah-tangga-yang-tahun-depan-tarifnya-bakal-naik/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar